Membaca buku disaat jam istirahat sangat jarang dilakukan siswa

Diposting pada: 2018-04-05, oleh : guntaram, Kategori: Tanpa Kategori

Fenomena gaget dengan dunia medsos yang saat ini kian marak, telah mengikis budaya membaca yang dahulu (jaman old) menjadi primadona bagi seorang siswa membaca disaat sela-sela waktu luang mereka, perpustakaan menjadi tempat favorit bagi mereka yang gemar membaca, bahkan tidak jarang harus antri atau indens untuk meminjam buku di perpustakaan, hasil dari mereka adalah orang dewasa sekarang (yang terperangah) melihat fenomena zaman yang berubah.

Kondisi sekarang (Zaman Now) situasi sudah berubah, buku bukan lagi satu-satunya jendela dunia, sekarang dunia ada dalam genggaman mereka, yaitu gaget. Selama ada paket data masih ada,  dunia jadi miliknya. Memang menggairahkan melihat fenomena tersebut namun yang menjadi pertanyaan dunia mana dan dan dunia apa yang mereka buka dan dibaca, positif dan negatif sekarang berbaur menjadi satu namun tidak melebur, dunia medsos yang menjadi favorit kalau tidak pintar memilih dan memilah maka bisa berisi konten yang tidak baik, mulai dari hoax, dan ujar kebencian, menjamur di dunia medsos, itukah yang mereka baca? Atau hal lain yang seharusnya mereka baca, seperti Pengetahuan, pelajaran, akhlak, akidah, atau hal lain yang juga banyak di dunia maya.

Semua kembali pada kontrol pribadi siswa atau anak, tugas orang dewasa tidak hanya membandingkan dengan zaman old, tapi mengingatkan dan mengarahkan bahwa hidup adalah pilihan, bantu mereka untuk memilih yang baik.

Selamat membaca!


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Tedy Ruswanta
    2011-11-30

    Iya, apalagi jaman sekarang, mereka malah lebih senang online social network lewat HP

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id